visi-hidup

Peranan Visi Hidup Seseorang Didalam Kehidupannya

Ada satu moment yang paling merubah hidup gue, merubah cara pandang hidup gue, dan merubah gaya hidup gue. yaitu moment ketika gue udah mulai memahami tentang visi hidup.

Visi hidup seseorang itu bisa kita gambarkan dari sikap dan perilakunya. Kalau visi seseorang itu jangka pendek maka dia hanya akan berpikir untuk dirinya sendiri “Bodo amat, gue mau makan apa aja yang penting gue kenyang”. Berbeda dengan orang yang visi hidupnya jangka panjang, dia akan berpikir “gue ngga akan makan sembarangan, gue hanya akan makan makanan yang sehat, bergizi dan baik untuk tubuh” tapi ada juga orang yang visi hidupnya panjang sekali, dia akan berpikir “gue harus makan makanan yang baik, diperoleh dengan cara yang baik(toyib/halal), dimakan dengan cara yang baik, duduk, menggunakan tangan kanan dan berdoa. Gue akan menggunakan energi dari setiap makanan ini untuk beribadah/berbuat baik dan gue akan senantiasa bersyukur”

Faktor seseorang memiliki Visi Jangka Pendek, Jangka Panjang, dan Jangka Panjang Sekali ?

visi hidup
sumber foto: https://pexels.com

Jawabannya adalah INFORMASI. Sedikit banyaknya informasi yang masuk ke otak seseorang akan memengaruhi visi hidunya. Semakin banyak informasi (baik) yang orang itu dapat dan semakin orang itu berilmu maka visi hidupnya akan semakin panjang.

Peranan Visi Hidup Dalam Kehidupan Seorang Muslim

Sederhananya Visi adalah suatu pandangan hidup tentang akhir yang kita inginkan itu seperti apa. Starting With Ending itu adalah visi. Ketika kita melihat segala sesuatu itu dari ujung yang kita inginkan itu adalah visi. Dari dulu gue sering bertanya-tanya apa rahasia orang-orang besar dan orang-orang berpengaruh sehingga mereka selalu konsisten dan bersamangat meraih mimpinya dan juga mereka tidak menyerah dengan rintangan sebesar apapun? Ternyata jawabannya adalah karena mereka memiliki visi hidup.

Ketika seseorang mengetahui tujuan dan visi hidupnya, orang itu akan lebih mudah dalam memahami sesuatu, teguh pada sesuatu dan tidak akan bergeser dari sesuatu itu. Inilah gunanya visi dalam kehidupan. Jadi visi itu yang membuat seseorang tetap pada track yang benar, pada perjuangan yang benar. Visi memberikan alasan untuk selalu bangun, memberikan alasan untuk mau menukar waktu tidur  dengan begadang semalaman mempelajari mimpinya, juga memberikannya alasan untuk berani berdarah-darah demi menggapai mimpi, bahkan mampu memberikannya alasan untuk berani mati, jangankan untuk hidup untuk mati aja sudah siap. Inilah adalah gunanya visi dalam hidup seseorang.

Nah visi juga bisa membuat seseorang mengerti nilai dari suatu perbuatan, sehingga orang tersebut tidak akan mudah putus asa, dia akan senantiasa membuat makna dalam setiap aktivitas dan tindakannya.


Baca Juga : Sikap Defensif hanya Akan Merugikan Diri kamu Sendiri


Banyak manusia dijaman sekarang hidup tanpa visi sehingga dia dikendalikan oleh orang-orang yang mempunyai visi. Mending kalau dia di kendalikan oleh orang yang mempunyai visi baik, tapi kalau dia dikendalikan oleh orang yang mempunyai visi yang tidak baik? Ini bahaya.

Hidup ini Cuma dua, kalo ngga memanfaatkan ya dimanfaatkan. Kalau kita tidak mendayagunakan yaa kita di dayagunakan. Kalau kita dimanfaatkan/di dayagunakan dalam kebaikan ini adalah sesuatu yang luas biasa, tapi bagaimana kalau kita dimanfaatkan/di dayagunakan untuk hal yang tidak baik atau untuk ideologi kejahatan misalnya, maka dari itu kita perlu tau visi hidup kita.

Nah, orang-orang yang mempunyai visi dengan orang-orang yang tidak mempunyai visi ketika dilapangan bertemu pasti orang yang tidak mempunyai visi akan dikendalikan. Karena orang yang tidak mempunyai visi itu cenderung mengikuti.

visi kehidupan
sumber foto: https://pexels.com

Orang yang visi nya jangka pendek, dia hanya akan berpikir tentang dirinya saja, dan sebetulnya orang yang seperti ini tidak memiliki visi. Orang yang visi nya jangka panjang dia hanya akan berpikir tentang dunia, dunia, dan dunia (kapitalis). Tapi orang yang visi hidupnya panjang sekali dia tidak hanya berpikir tentang dirinya tapi dia juga akan berpikir tentang dunia dan apa yang akan terjadi di kehidupan setelah dunia (akhirat).

Islam datang mengahdirkan visi tertinggi. Mengenali diri kita sendiri dengan cara mengenali Allah S.W.T . dan Allah S.W.T sudah memberikan kepada kita purpose of life (tujuan hidup). Tujuan hidup kita adalah untuk menghamba kepada Allah S.W.T. Jika kita menghamba kepada Allah S.W.T, Allah S.W.T akan memberikan kita kebahagiaan yang luar biasa. syaratnya adalah kita mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah Allah S.W.T berikan kepada kita.

Visi Hidup dan Aqidah

Visi ini urusan aqidah. Karena aqidah ini isinya adalah visi hidup. Sayangnya sekarang aqidah ini tidak dipahami orang-orang muslim secara proper, secara tepat, sehingga tidak menghasilkan seperti apa yang diharapkan.


Baca Juga : Terapkan 3 Hal Ini, Dan Rasakan Pengaruhnya Di Kehidupan Kamu


Ada satu bangsa yang awalnya bodoh tidak tahu apa apa dan hidup seadanya tanpa tujuan, kemudian tiba-tiba diberikan visi islam. Mereka langsung melejit menjadi yang terbaik, kenapa? Karena dunia sudah bukan lagi perhitungan mereka. kita masih mikir dunia, mereka memikirkan lebih daripada dunia, mereka melihat lebih daripada dunia. Kita visinya sampai disini sedangkan mereka sudah sampai sana melebihi dunia.

Jadi, jika kita ingin menaikan level visi kita menjadi orang yang memiliki visi panjang sekali. Maka kita harus menjejali otak kita dengan informasi-informasi positif dan ilmu agama islam tentunya.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman dan keluarga kalian. Bagi yang ingin menuangkan pendapat silakan tulis berkomentar dikolom yang ada dibawah tulisan ini. Terimakasih, Semoga bermanfaat J

Share Artikel Ini Kuy