kutipan buku

Terapkan 3 Hal Ini, Dan Rasakan Pengaruhnya Di Kehidupan Kamu

Kalau kamu ingin madunya, jangan tendang sarangnya

Dale Carnegie

PIKIRKAN orang yang paling membosankan yang pernah kamu kenal. Mungkin salah satu ciri yang melekat pada orang yang membosankan adalah mereka yang selalu membicirakan tentang diri mereka. Mereka tidak pernah tertarik dengan cerita orang lain. Dan ini berbahaya gaes!.

Tentunya kita semua ingin diterima dan disukai oleh teman, keluarga, relasi bisnis dan yang lain. Seorang profesional yang bagus adalah yang mudah bergaul dan menyenangkan. Mereka tertarik dengan orang lain.

Ketika orang berbicara tentang ‘masalah’ mereka selalu menghubungkan dengan hal-hal negatif. Namun tidak semua orang berpikiran begitu. Norman Vincent Peale contohnya. Ketika orang bertanya kepada Norman, “Menurut kamu apakah dunia ini akan menjadi lebih baik kalau tidak ada masalah?” Norman akan menjawab “Oh begitu,  mungkin kapan-kapan saya akan antarkan kamu ke pemakaman karena sepengetauan saya, hanya orang matilah yang tidak punya masalah di dunia”. Begitulah secara tidak langsung Norman ingin mengatakan bahwa semakin kamu mempunyai banyak masalah semakin hiduplah kamu. Yang diperlukan adalah sikap positif terhadap masalah, terhadap diri kamu, dan terahadap orang lain tentunya.

Be Positive

kutipan buku
sumber foto: https://www.pexel.com

Dalam membangung hubungan hubungan dengan orang lain, sikap positif kamu akan membat rekan kamu bersikap positif juga terhadap kamu, dan sikap positif orang lain itu akan memudahkan kamu untuk memberdayakan mereka. Kalau kamu seorang pimpinan, dengan bersikap positif terhadap staf, kamu akan lebih mudah menggerakan staf kamu sesuai dengan keinginan dan tujuan kamu. Kalau kamu sebagai orang tua atau guru, sikap positif kamu terhadap anak-anak akan mempermudah kamu untuk mendidik dan mengarahkan mereka


Baca Juga : Sikap Defensif hanya Akan Merugikan Diri kamu Sendiri


Buat Orang Lain Merasa Ok

kutipan buku
sumber foto: https://www.pexel.com

Orang yang hebat adalah orang yang mampu memberi pujian kepada orang lain, mampu mengakui kalau orang lain lebih hebat dari dirinya. Ketika orang lain berada dibawah kamu, orang lain itu tidak merasa insecure dan ketika orang lain berada di atas kamu, orang lain itu mampu menghargai kamu.

Jangan sungkan-sungkan untuk memuji orang lain, akan tetapi pujian itu harus tetap wajar dan tidak berlebihan. Ngga perlu dibuat-buat untuk bisa memuji orang lain, cukup sebutkan salah satu kebaikan orang lain aja itu udah cukup kok. Silahkan bedakana sendiri antara pujian dengan gombalan. Ini dua hal yang berbeda yaa.

Manfaatkan Setiap Pertemuan Untuk Bertukar Informasi Yang Bermanfaat

sumber foto: https://www.pexel.com

Contoh informasi yang bermanfaat adalah informasi yang dapat mempermudah kita untuk mencapai tujuan-tujuan kita kedepan. Informasi yang memperluas wawasan kita, dan informasi yang membuka sudut pandang kita menjadi lebih luas lagi.

Jauh-jauhin deh yang namanya gibah. Kalau memang salah satu teman kamu membicarakan kehidupan negatif teman yang lain sebaiknya kamu segera ingatkan pelan-pelan tanpa harus menyinggung perasaannya, “Ya uda sis, mudah-mudahan nanti dia bisa jadi lebih baik”, cukup tutup dengan kalimat seperti itu agar teman kamu mengetahui kalau kamu tidak tertarik untuk membahasnya lebih lanjut. Ngga ada orang hebat yang kerjaannya gibahin orang. Coba fokus saja sama keidupan dan tugas kita. Jangan membalas perlakuan orang yang tidak menyenangkan kepada kita dengan gibahin ke orang lain.

Share Artikel Ini Kuy