Suntik Difteri

Kenapa kita harus di Vaksin Difteri ?

Kenapa kita harus di Vaksin Difteri ? Kenapa caranya harus di suntik ?  Emang ngga bisa ya minum obat syrup aja gituh ? Kalau emang harus suntik, kenapa suntik nya harus pake jarum ? Terus kenapa jarum nya harus di tusuk ke dalam kulit ? emang ngga bisa ya jarumnya di elus-elus aja di permukaan kulit

SEDIKIT CERITA

Kemaren awalnya gue ngga mau sebenernya suntik vaksin difteri, bukannya gue takut di suntik, tapi males aja, buat apa coba? Gue sih ngga takut liat jarum suntik, gw cuma takut kalo jarum nya itu nusuk ke kulit gue, kalo liat jarum suntiknya doang mah ngga ada takut takutnya gue (ya iyalah wkwk). Pas abis disuntik barulah gue cari informasi apa itu Virus Difteri.

APA ITU VIRUS DIFTERI ?

Gue baca data. Menurut World Health Organization (WHO), tercatat ada 7.097 kasus difteri yang dilaporkan di seluruh dunia pada tahun 2016. Di antara angka tersebut, Indonesia turut menyumbang 342 kasus. Sejak tahun 2011, kejadian luar biasa (KLB) untuk kasus difteri menjadi masalah di Indonesia. Tercatat 3.353 kasus difteri dilaporkan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2016 dan angka ini menempatkan Indonesia menjadi urutan ke-2 setelah India dengan jumlah kasus difteri terbanyak. Dari 3.353 orang yang menderita difteri, (Gila urutan ke-2 cuy). dan 110 di antaranya meninggal dunia. Hampir 90% dari orang yang terinfeksi, tidak memiliki riwayat imunisasi difteri yang lengkap.

Jadi ternyata Difteri itu infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang bisa mempengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa.

nah ternyata Virus difteri ini, ngga hanya menjangkit di tubuh anak-anak aja. Melainkan di tubuh orang dewasa juga, karena itu penting juga untuk melakukan vaksin buat orang dewasa. Walapun program prioritas pemerintah kita untuk usia 1 sampai dengan 19 tahun, orang dewasa juga bisa ikut untuk menjaga diri dari penularan. Jadi ngga nyesel juga sih kena jarum suntik.

Share Artikel Ini Kuy
Opini /