Tips Untuk Membuat Video Vlog Bagi Pemula

Vlogging adalah sebuah kebiasaan baru. Atau bisa dibilang vlogging adalah profesi baru. Balita melakukannya, remaja melakukannya, ibu-ibu kontrakan melakukannya, para pakar industri melakukannya. Tapi apa sebenarnya yang diperlukan untuk mempelajari cara membuat vlog? Apakah ada sekolah vlogging yang harus kamu ikuti? Haruskah Kamu membuat situs web dan memalsukannya sampai kamu membuatnya? Jawabannya ada di antara keduanya.

Kamu tidak perlu mempelajari karier untuk menjadi vlogger, tetapi menjadi vlogger itu tidak semudah hanya dengan menekan tombol publikasi. Kamu akan membutuhkan tujuan, pesan, platform, audiens, dan banyak lagi. Tapi jangan khawatir, menyatukan semua ini sebenarnya tidak sesulit kedengarannya. Lihat panduan pemula untuk vlogging ini untuk mempelajari semua yang perlu kamu ketahui tentang cara membuat vlog, mulai dari mencari tahu apa yang harus dikatakan hingga menghasilkan uang dari video kamu.


Baca Juga : Cara Membuat Subtitle Otomatis Gratis


cara membuat video vlog
sumber foto: www.pixels.com

Apa Itu Vlog?

Vlog adalah video yang mendokumentasikan kehidupan atau keahlian seseorang, dengan durasi rata-rata sekitar lima menit. Kata ‘vlog’ adalah singkatan dari ‘Video’ dan ‘blog’. Intinya, ini hanyalah versi film dari jenis konten yang dapat kamu temukan di blog tradisional. Vlog dibuat untuk terhubung dengan audiens melalui ide dan pengalaman bersama.

Perbedaan inti antara vlog dan jenis konten video lainnya adalah vlogger adalah subjek utama kontennya. Misalnya, vlog perjalanan berputar di sekitar pengalaman dan pemikiran pembuatnya, baik yang ditampilkan dalam bingkai atau melalui sulih suara. Sebaliknya, video perjalanan terutama berfokus pada tujuan, biasanya dari sudut pkamung objektif.

Ada dua gaya utama vlog: ‘berbicara didepan kamera’ dan ‘ikuti saya berkeliling.’ Pada video kamu berbicara, kamera disetel pada tripod dan tetap statis saat vlogger berbicara tentang subjek atau menuntun penonton sebuah proses. Contoh umum vlog jenis ini termasuk tutorial tata rias dan video memasak. Di sisi lain, vlog ‘ikuti saya berkeliling’ melihat pembuat konten di lokasi berbeda saat mereka merekam klip sepanjang hari. Gaya vlog ini sangat populer untuk video perjalanan dan vlog khusus tentang ‘hari dalam hidup’.

Bisakah Kamu Menghasilkan Uang Sebagai Vlogger?

Jawaban singkatnya: Ya. Jawaban panjang: Tentu saja bisa, kenapa lagi ada begitu banyak orang yang mencoba menjadi vlogger? Menurut Forbes, pada 2019 vlogger YouTube dengan bayaran tertinggi adalah Ryan Kaji, seorang bocah lelaki berusia delapan tahun yang menghasilkan $ 26 juta.

Meskipun Kamu mungkin tidak akan menghasilkan gaji tujuh digit dalam waktu dekat, menghasilkan uang sebagai vlogger cukup mudah dan merupakan ide bisnis online yang dapat diakses. Ada empat cara utama untuk memonetisasi video Kamu:

Iklan (Ads) Video

Sebagian besar platform hosting video menawarkan pembuat kesempatan untuk memasukkan iklan di video mereka. Setiap kali seseorang melihat iklan atau mengkliknya, vlogger dibayar. Meskipun ini adalah cara yang bagus untuk memonetisasi konten kamu meskipun kamu tidak memiliki basis pengikut yang banyak, Kamu tidak akan kaya melalui itu. Bayaran rata-rata sekitar $ 3 per 1.000 pemirsa, yang sebagian besar sebenarnya masuk ke platform hosting video.

Langganan (Subscriber)

Tergantung pada jenis konten vlog yang kamu buat, kamu mungkin dapat membebankan biaya langganan kepada pemirsa. Dengan platform seperti Youtube, kamu dapat mengatur sistem monetisasi ini dengan sedikit usaha. pakar vlogging di bidangnya masing-masing bisa mendapatkan keuntungan besar dari jenis monetisasi konten ini.

Pemasaran Afiliasi

Di suatu tempat di tengah-tengah dalam hal kesulitan dan pembayaran, pemasaran afiliasi adalah jenis kolaborasi paling umum antara vlogger dan merek. Beberapa bisnis bermitra dengan pembuat konten agar produknya ditautkan ke video, biasanya menawarkan kupon diskon. Setiap kali pemirsa membeli sesuatu, vlogger mendapatkan persentase dari biaya tersebut.

Konten Bersponsor

Jenis monetisasi video yang paling menguntungkan juga merupakan yang paling sulit didapat. Dengan sponsor, vlogger dibayar oleh bisnis untuk menyebutkan merek mereka di video. Namun, sebelum kamu mulai menjangkau merek dengan tujuan ini, kamu harus membangun basis pengikut yang kuat dan sudah pasti follower/subscriber kamu sudah banyak

cara membuat video vlog
sumber foto: www.pexels.com

Bagaimana Cara Memulai Vlog?

Sekarang kami telah menjawab pertanyaan tentang ‘apa itu vlog’ dan kamu tahu cara menghasilkan uang dari video kamu, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memulai vlog:

  • Tentukan Niche (Topik) Channel Kamu
  • Tonton Video Dari Vlogger lain
  • Temukan Suara Terbaik Kamu
  • Investasi Perlengkapan Vlog
  • Tentukan konten kamu
  • Edit Video Kamu
  • Bangun Keberadaan Online
  • Optimalkan Konten Kamu
  • Evaluasi Secara Berkala Video Kamu
  • Berkolaborasi Dengan Orang Lain

Tentukan Niche (Topik) Channel Kamu

Langkah pertama untuk menjadi vlogger adalah menentukan jenis konten yang ingin kamu buat. Memiliki ceruk yang jelas akan memungkinkan pemirsa untuk dengan mudah memahami apa yang diharapkan dari video kamu, yang akan memungkinkan pemirsa yang relevan untuk berlangganan channel kamu.

Beberapa kategori vlogging paling populer adalah kebugaran, makanan, make-up, perjalanan, unboxing, dan game. Kamu tidak perlu terpaku pada salah satu bidang ini, penting untuk memastikan jenis konten yang ingin kamu buat sesuai permintaan.

Mulailah dengan mencari topik yang kamu pikirkan di YouTube. Lihat berapa banyak video dan berapa banyak penayangan dari hasil teratas. Setelah itu, kunjungi profil saluran mereka dan lihat jumlah pelanggannya. Jika jumlah pelanggan rata-rata terlalu rendah, kamu mungkin ingin memikirkan kembali ide kamu dan menargetkan pemirsa yang lebih luas.

Tonton Video Dari Vlogger lain

Setelah kamu menentukan jenis konten yang ingin kamu buat, sekarang saatnya untuk mendapatkan inspirasi. Luangkan waktu untuk melihat konten yang mirip dengan apa yang ingin kamu buat. Jelajahi vlog berdasarkan popularitas serta tanggal penerbitan untuk melihat bagaimana bidang ini berkembang dari waktu ke waktu. Cari vlogger paling populer di ruang kamu dan cari tahu apa yang membuat mereka berbeda dari pesaing.

Mempelajari cara membuat vlog, seperti keterampilan lainnya, terutama berasal dari memperhatikan apa yang dilakukan oleh orang-orang dengan pengalaman di bidangnya. Semakin banyak waktu yang kamu dedikasikan untuk langkah ini, semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki untuk mendasarkan perjalanan kamu sendiri.

Temukan Suara Terbaik Kamu

Mengembangkan suara yang unik sangat penting jika kamu ingin menjadi vlogger yang sukses. Saat kamu memasuki dunia vlogging yang kompetitif, penting bagi kamu untuk mulai melihat diri kamu sebagai merek dan konten kamu sebagai produk. kamu tidak hanya perlu membuat video yang menarik, tetapi juga harus menarik secara estetika dan secara umum menarik penonton untuk menonton lebih banyak.

Pikirkan tentang apa yang bisa kamu tawarkan kepada pemirsa yang tidak dapat ditawarkan oleh saluran vlog lainnya. Ini bisa berupa apa saja mulai dari pengalaman bertahun-tahun di bidang kamu, hingga visual yang luar biasa. Apa pun yang kamu hasilkan, pastikan itu adalah sesuatu yang ada di semua video kamu, atau sebagian besar dari video tersebut, dan tidak akan menjadi tua seiring waktu.

Investasi Perlengkapan Vlog

cara membuat video vlog
sumber foto: www.pixels.com

Peralatan yang kamu butuhkan sangat bergantung pada jenis vlog yang ingin kamu buat. kamu tidak akan berharap untuk menggunakan alat yang sama untuk berkeliling dunia dan membuat kue wortel, bukan? Selain itu, keterampilan teknis dan anggaran kamu juga akan memainkan peran besar dalam keputusan ini.

Secara umum, ada enam peralatan vlogging utama yang perlu kamu perhatikan:

  • Kamera

Kamera terbaik untuk vlog sangat bervariasi tergantung pada jenis konten yang kamu buat. Meskipun saat ini kamera mirrorless tampaknya menjadi favorit industri, beberapa mungkin mendapat manfaat dari berinvestasi dalam DSLR. Mulailah dengan melihat berbagai jenis kamera yang tersedia dan kemudian lihat model mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Lensa

Jika kamu memilih untuk menggunakan kamera dengan lensa yang dapat ditukar, kamu perlu memahami bahwa lensa yang kamu gunakan akan berdampak besar pada kualitas pekerjaan kamu. Dari semua jenis lensa kamera, vlogger cenderung memilih sudut yang lebih lebar yang membutuhkan lebih sedikit ruang gerak dan memungkinkan kamu memasukkan lebih banyak elemen ke dalam bingkai. Namun, pastikan untuk memeriksa opsi lain dalam kisaran harga kamu sebelum memilih gelas tertentu.

  • Tripod

Memiliki tripod atau penstabil adalah suatu keharusan saat kamu mempelajari cara membuat vlog. Tidak ada yang akan menghabiskan waktu berharga mereka untuk menonton footage goyang, tidak peduli seberapa bagus konten kamu sebenarnya.

  • Mikrofon

Suara yang buruk adalah salah satu penyebab terbesar bagi penonton vlogging. Meskipun kamu berencana untuk menggunakan musik gratis untuk video di sebagian besar konten kamu, kamu tetap memerlukan mikrofon untuk merekam audio berkualitas tinggi kapan pun diperlukan.

  • Pencahayaan (Lighting)

Jika kamu berencana merekam di dalam ruangan, pencahayaan buatan merupakan keharusan. Jika kamu berencana untuk merekam secara ketat di luar ruangan, pencahayaan buatan akan menjadi tambahan yang bagus untuk perlengkapan kamu. Ini akan membantu kamu menghindari gangguan kamera dan memastikan rekaman kamu selalu jelas, serta memperhalus bayangan untuk tampilan yang lebih merata.

  • Sofware Video Editing

Terakhir, tetapi ini salah satu yang paling penting, kamu memerlukan alat yang tepat untuk mengubah rekaman kamu menjadi vlog yang sebenarnya. Meskipun harga editor profesional bisa sangat mahal, ada beberapa program perangkat lunak pengedit video gratis yang dapat kamu gunakan dengan hasil yang bagus.

Tentukan Konten Kamu

Untuk memberikan channel kamu menampilkan jenis video yang homogen, penting untuk menetapkan seperangkat pedoman sejak awal. Ini akan memungkinkan pemirsa atau viewer kamu memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan saat berlangganan saluran kamu, tidak hanya dalam hal konten tetapi juga gaya dan keteraturan.

Mulailah dengan menentukan apakah konten kamu akan terus-terusan membahas suatu topik secara konsisten. Beberapa vlogger lebih suka menyiapkan kamera dan mengobrol, cukup mengikuti sketsa singkat tentang ide yang ingin mereka diskusikan, sementara yang lain membuat daftar bidikan terperinci sebelumnya.

Setelah kamu memutuskan gaya vlogging kamu, kamu akan dapat menilai berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membuat video dan menentukan jadwal posting yang teratur. Sebagai aturan praktis, kamu harus menargetkan untuk memposting video baru setidaknya seminggu sekali.

Editing Video

cara membuat video vlog
cara membuat video vlogsumber foto: www.pixels.com

Jika kamu ingin menjadi vlogger, kamu harus menguasai seni dan skill mengedit video. kamu bisa tambahkan subtitle di video kamu. baca juga cara menambahkan subtitle video otomatis gratis Biasakan diri dengan perangkat lunak yang akan kamu gunakan dan jangan mulai berbagi video sampai kamu merasa hasilnya sudah cukup baik. Meskipun merupakan hal yang umum untuk melihat kembali ke awal karir kamu dan terkejut melihat betapa lebih baik pekerjaan kamu sekarang, tingkat awal seharusnya sudah memenuhi standar industri.

Pastikan semua video kamu diedit mengikuti pedoman yang sama. Gunakan jenis pengambilan gambar dan potongan yang serupa, serta gaya musik yang serupa untuk menciptakan tampilan dan nuansa yang konsisten di channel kamu. Banyak vlogger membuat klip intro mereka sendiri agar dapat dikenali pada pandangan pertama


Baca Juga : Cara Membuat Subtitle Otomatis Gratis


Bangun Keberadaan Online Kamu

Karier vlogging kamu baiknya tidak hanya ada di satu platform. Untuk memaksimalkan jangkauan audiens, kamu perlu menciptakan kehadiran online yang kuat yang berkembang melalui beberapa jaringan.

Beruntung bagi kamu, saat ini membangun situs web video yang menakjubkan lebih mudah dan tidak merepotkan seperti membuka profil sosial baru. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih templat situs web videografer yang dirancang secara profesional, mengunggah konten kamu, menyesuaikan warnanya, dan kamu siap menjadi vlogger.

Optimalkan Konten Kamu

Setelah konten kamu ditayangkan di internet, langkah selanjutnya dalam karier kamu sebagai vlogger adalah memastikan bahwa orang benar-benar menjangkau konten tersebut. Untuk melakukannya, kamu perlu mempelajari cara melakukan SEO yang benar. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang secara kasar diterjemahkan sebagai proses peningkatan konten halaman web untuk meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari.

Sementara pentingnya praktik SEO di situs web adalah pengetahuan umum sekarang, banyak yang masih tidak menyadari pentingnya SEO video. Penelitian kata kunci dan praktik metadata yang tepat dapat membuat atau menghancurkan karier vlogging kamu, jadi pastikan untuk mendedikasikan sebagian besar upaya kamu untuk itu.

Evaluasi Secara Berkala Video Kamu

Hanya karena vlog kamu akhirnya tersedia untuk dinikmati dunia, bukan berarti pekerjaan kamu sudah selesai. Perhatikan bagaimana kinerja mereka dari waktu ke waktu untuk mengidentifikasi area yang dapat ditingkatkan. Perhatikan komentar penonton dan gunakan platform kamu yang lain untuk secara eksplisit meminta kritik yang membangun.


Pada akhirnya, cara terbaik untuk mempelajari cara membuat vlog adalah belajar dari pengalaman kamu dan terus berupaya meningkatkan pekerjaan kamu, baik di depan maupun di belakang kamera.

Kolaborasi Dengan Orang Lain

Setelah kamu menerbitkan beberapa vlog dan membangun fondasi merek kamu, mulailah menjalin hubungan dengan pembuat lain. Jangan malu untuk menghubungi vlogger lain di bidang kamu, tetapi tempatkan hubungan yang tulus di atas penawaran kemitraan.

Ada dua alasan utama untuk menempatkan persahabatan di atas bisnis di sini. Pertama, konten yang akhirnya kamu buat bersama akan jauh lebih menarik dan menyenangkan untuk ditonton. Dan kedua, dalam jangka panjang, jauh lebih baik dikenal sebagai orang yang menarik daripada sebagai pencuri uang.

Sekian sedikit penjelasan tentang video vlogging dan beberapa tips untuk memulai membuat video vlog bagi pemula. Terimakasih sudah membaca, jika ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman yang lain ya

Share Artikel Ini Kuy