Hidup Bahagia

Biasakan Hal Ini Agar Diri Kamu Lebih Bahagia

Pertama-tama, apa itu  kebahagiaan ?

Kebahagiaan berasal dari kata dasar Bahagia. Bahagia adalah suatu moment ketika kita bisa menerima dan mensyukuri segala kejadian yang kita rasakan, baik yang sudah dilalui ataupun yang akan dilalui.

Siapa sih orang yang tidak mau bahagia? Semua orang pasti mendambakan kebahagiaan, termasuk kamu, kan? Ada yang menemukan kebahagiaan melalui materi, namun ada juga yang melalui prestasi. Sebenarnya, untuk menemukan kebahagiaan tidak harus selalu dengan cara yang luar biasa, kok. Ada banyak cara sederhana yang bisa membuatmu menemukan kebahagiaan itu. Apa saja? Yuk simak dulu!

1. Bersikap Baik Tanpa Pamrih (Be Positive)

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Tidak semua orang yang bersikap baik itu ikhlas. Berbuat baik itu mudah, tetapi ikhlas itu sulit. terlepas dari rasa ikhlas itu, memiliki sikap positif membantu kita untuk mencapai tujuan kita bahkan ketika kesulitan timbul. Orang yang bahagia memiliki sikap yang menyadari bahwa bukan masalah atau apa yang sedang terjadi yang penting adalah bagaimana kita memilih untuk merespon dengan baik dan benar.

2. Beri Maaf Pada Setiap Kesalahan

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Tidak selamanya kita berbuat benar, seringkali kita melakukan kesalahan demi kesalahan sehingga kita merasa terpuruk dan bersedih hati. Coba tanamkan dalam hati bahwa kita menyesali atas apa yang sudah terjadi dan itu akan menjadi pelajaran berharga sehingga kita tidak akan mengulanginya kembali.

Juga beri maaf setiap kesalahan orang lain kepada kita, memberi maaf kepada orang lain memang tidak semudah membaca tulisan ini, akan tetapi jika kita mau belajar sedikit demi sedikit nanti lama lama akan menjadi terbiasa dan kita tidak akan kepikiran masalah-masalah sepele yag orang lain perbuat kepada kita. santuy aja.

Bukan hanya memafkan kesalahan diri sendiri dan kesalahan orang lain, tetapi beri maaf juga kepada setiap moment yang tidak kita harapkan terjadi diluar dugaan kita. contohnya seperti membiasakan untuk berkata positif ketika menghadapi kemacetan, jangan mengutuk keadaan dengan berucap kasar dan marah ketika ada hal-hal tak terduga.


Baca Juga : Sikap Defensif hanya Akan Merugikan Diri kamu Sendiri


3. UNFOLLOW akun-akun yang unfaedah

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Pernah ngga sih kamu membanding-bandingkan kehidupan kamu sama kehidupan orang lain hanya karena kamu melihat keidupan orang lain di akun medsosnya ?

Jika pernah atau bahkan sering, lebih baik unfollow saja akun itu, karena ini bisa saja menjadi salah satu faktor kenapa kita sulit bahagia.

ada sebagian orang yang suka membandingkan kehidupannya dengan orang lain, ada juga yang tidak alias bodo amat. jika kamu bagian dari orang yang suka membandingkan, coba untuk kurang2in aktivitas di media sosial dan unfollow akun yang malah menjadi toxic untuk kebahagiaan kamu, contoh seperti akun-akun artis atau selebgram yang memposting kelebihan-kelebihannya

4. Istirahatlah yang cukup

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Jangan banyak reubahan, jangan banyak tiduran, jangan terlalu sering begadang, tapi istirahatlah yang cukup.

cara untuk bahagia juga bisa didapatkan dengan beristirahat, lho. Padatnya aktivitas setiap hari pasti membuatmu cukup kelelahan. Fisik yang terlalu lelah dapat menurunkan mood.

Saat seperti itu, sebaiknya kamu segera mengambil waktu untuk beristirahat. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal yang kamu suka, seperti menonton film favorit, creambath, maupun sekadar tiduran di rumah.

Istirahat itu penting agar stamina juga kesehatan jiwa dan ragamu tetap terjaga. Kalau kamu sehat, tentu jadi lebih bahagia dan moodmu juga akan lebih baik.

5. Always Be Gratefull Every Single Day (Bersyukur)

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Kelihatannya sih mudah ya, namun seberapa banyak orang yang sudah bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki dan dicapainya? Nyatanya nggak semua orang sudah memiliki itu.

Cara paling ampuh agar Kamu bahagia adalah dengan bersyukur. Jangan harap bahagia dan hidup tenang jika Kamu belum bisa bersyukur dengan apa yang sudah ada dan yang sudah kamu capai. So, mulai sekarang yuk banyak-banyak bersyukur agar hidup bahagia.

Orang yang mudah bersyukur itu orang yang dihidupnya nggak banyak keinginan. Nggak membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Ya intinya nggak banyak keinginan.

6. Don’t Think Too Much, But Think Big!

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Coba deh kamu belajar untuk bodo amat. caranya dengan menghindari memikirkan yang memang tidak perlu kita pikirkan. Apa yang Kamu jalani dalam hidup, itulah yang perlu Kamu pikirkan. Nggak perlu memikirkan masalah orang lain misalnya. Karena itu memang nggak perlu dan nggak ada untungnya buat Kamu

Dulu pas kuliah dosen pernah bilang, sebagai mahasiswa sebaiknya hanya memikirkan masalah seputar mahasiswa. Nggak perlu memikirkan masalah yang memang itu nggak kejangkau dengan pikiran kita. Semakin banyak yang kita pikirkan tentu akan semakin pusing. Kalau udah pusing kapan bahagianya.

7. Jangan Baperan, Jangan Mudah Sakit Hati

Cara Agar Membuat Diri Lebih Bahagia
sumber foto: https://www.pexels.com/

Simplenya gini deh, kalau ada temen kamu yang ngatain kamu gendut, pendek, jelek jangan kamu masukan kedalam hati, kalau hal-hal sepele macam itu bisa membuat kamu sakit hati, kamu kapan bahagianya???

Coba kamu sikapi dengan santai dan tenang, supaya kamu bisa fokus dengan apa yang menjadi target dan tujuan hidup kamu.

Orang yang bahagia adalah orang yang membiasakan diri untuk selalu bersukacita dan bahagia dan menjadikan itu menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari mereka sehingga lama lama akan menjadi kebiasaan. Kita dapat memulai kebiasaan dan hal-hal ini jika kita ingin menjadi pribadi yang bahagia dan positif setiap hari

Demikian beberapa cara agar hidup kamu lebih bahagia, silahkan kamu aplikasikan dalam kehidupan kamu sehari-hari. untuk menerapkannya memang tidak semudah membuat tulisan ini, akan tetapi jika kita mau terus berusaha nanti lama-lama terbiasa dan secara ngga sadar akan membentuk kepribadian kita yang lebih bahagia dan positif. Terimakasih sudah membaca 🙂

Share Artikel Ini Kuy