7 Cara Praktis Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk kita belajar bahasa Inggris, mulai dari les, kursus dan lain sebagainya. Tapi apakah kalian tahu kalau manusia itu diberi kemampuan untuk memahami ratusan bahasa ? manusia mampu memahami ratusan bahasa semasa hidupnya.

Bahasa adalah bagian daripada aktivitas manusia sehari-hari. Maka dari itu, akan sangat mudah dipelajari jika kita melibatkan aktivitas kita dengan bahasa yang ingin kita pelajari

Nah ini ada beberapa cara yang berhasil penulis rangkum dari berbagai sumber. Yaitu :

1. Talk To Your Self

Talk To Your Self

I know, Aneh, Kaya orang  gila kan ? Awalnya pasti aneh sih, kenapa harus ngomong sama diri sendiri? Oiya, ngomong sama diri sendiri nya pakai bahasa inggris ya gaes. Kalau pake bahasa Indonesia mah ya sama aja. Kalau setiap hari kita biasakan ngomong sendiri pakai bahasa inggris, nanti otak kita akan terbiasa melakukannya untuk melatih kita berbicara dengan orang lain.

I’m really hungry.

I wanna go home right now,

I need someone help.

Demikian contoh kalimat diatas adalah sebagai latihan kita melakukan percakapan dengan orang lain.

Jangan di dalam hati ya gaes berlatihnya, Tapi WAJIB di ucapkan alias ngomong beneran, Karena kalau di dalam hati kita tidak tahu seberapa sulit pronounce (pengungkapan) nya. Mau bukti ?

Coba kalian bisa ngga nyebutin Huruf “R” dalam hati ?

Gampangan mana nyebutin huruf  “R” dengan lisan  atau dalam hati ?

Pokoknya wajib di ucapkan, bukan hanya di dalam hati.

2. Intensity soo much better than length



Intensitas belajar itu bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan lamanya belajar

Intensitas belajar bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan lamanya belajar.

Kalau misalkan kita belajar bahasa inggris intens  6 jam 1 hari dalam 2 minggu, contoh belajarnya ngga harus dengan buku, kamus, atau di dalam kelas,

tapi kita bisa juga denger lagu inggris, nonton video inggris, ngomong sama temen temen pakai bahasa ingris, itu akan membantu kita jauh lebih banyak dari pada kita les seminggu sekali selama 3 tahun, terus keluar kelas les kita pakai bahasa Indonesia lagi.

Percaya deh itu ngga bakal bekerja. Kalo kata orang tua dulu, masuk kuping kanan keluar kuping kiri.

Be prepared to embarrass your self

Bersiaplah untuk mempermalukan dirimu sendiri

Yupss. Bersiaplah untuk mempermalukan diri sendiri. Ya namanya juga belajar, jadi ngga ada salahnya kita mencoba. Kita bakal banyak melakukan kesalahan, jadi kita harus siapkan muka yang tebel.

Jangan gengsi pas dibenerin orang, jangan kesel kalo misalkan nanti ada yang koreksi, dan jangan sakit hati pas mereka menertawakan, mungkin kesalahan kita lucu buat mereka. Sama kalo kita denger orang asing ngomong “Ya saya mau burger makan”. Karena kebalik jadi lucu buat kita.

Imitate

Meniru

Selanjutnya Meniru, cara termudah untuk melatih conversation sentence (Kalimat perbincangan) adalah dengan mengikuti atau menirunya. Tiru cara dia ngomong, kata-katanya, dan grammar yang dia pakai. Nanti lama-lama otak kita bakalan ngumpulin kalimat-kalimat ini dan nanti kalimat-kalimat itu bakal keluar denagan sendirinya dari mulut kita

Kita bisa mengikuti dan meniru kalimat-kalimat conversation di cuplikan film misalnya. Dan ingat bukan dalam hati yah meniru nya.

Learn first 100 words

Ambil sticky note, tulis pakai bahasa inggris kemudian tempel di benda tersebut, kalo ngerasa ditempel di benda nya terlalu lebay, List aja kemudian tempel di dinding di kamar. Barang barang yang related sama aktivitas sehari hari kita, contoh kalau kita sebagai mahasiswa hukum, list semua vocab yang berkaitan dengan hukum, intinya yang related sama aktivitas sehari-hari

Figure out the patterns

Temukan Pola nya. Cara menaklukan grammar adalah dengan cara mengetahui pola dari kalimat-kalimat yang ada di bahasa inggris. Kalau kita udah yakin bahwa kalimat “I’m going to the market” itu udah bener, kita bisa aplikasikan kalimat tersebut di situasi yang lain. “I’m going to the mall”,  “I’m going to the scholl”

Invest to go abroad

Ini recommended banget!!!. Travel ke tempat tempat yang memaksa kita untuk menggunakan bahasa inggris. Mungkin kita berpikir negara yang berbahasa inggris itu Amerika, UK, Australia. Jangan jauh-jauh gaes, jangan mahal-mahal. Singapore aja lebih deket dan jauh murah. 2 minggu di Singapore akan menaikan level bahasa inggris kita secara signifikan.

Demikian technical tips untuk mempelajari bahasa inggris dari beberapa sumber yang berhasil di rangkum

Share Artikel Ini Kuy